4 REKOMENDASI ALBUM PENGISI iPOD-MU (EDISI TAHUN BARU 2012)

Selamat tinggal 2011, selamat datang 2012! Walau sudah agak telat namun mudah-mudahan tidak basi, gw menulis pengalaman mendengarkan album yang menemani awal dari 2012 yang sangat cerah namun dingin seperti kulkas ini. Ketika orang-orang sibuk menulis resolusi untuk tahun baru gw cuma jawab “it goes without saying”. Lebih baik kenyataan melebihi harapanmu daripada berharap lebih tanpa mengusahakan kenyataan. Berikut 4 album pilihan gw untuk tahun baru ini:

  1. PET SOUNDS, the beach boys (1966). Entah angin apa yang membawa gw kembali mendengarkan album yang dirilis beberapa tahun sesudah orang tua gw lahir. Pertama kali mendengarkan sewaktu jaman awal kuliah 2004 yang lalu dengan alasan bosan bertemu teman yang kesukaannya cuma ‘the beatles’, lalu beralih ke album ‘smile’ dan ‘friends’, akhirnya gw benar-benar bisa bilang kalo the beach boys memang lebih ok dan klasik dibanding beatles! Memang beberapa track di album ini telah besar menjadi hits seperti ‘God only knows’ dan ‘Wouldn’t it be nice’, tapi keseluruhan LP terbaik the beach boys ini berhasil menghangatkan suasana dingin awal musim ini. Secara lirikal, beberapa lagu seperti ‘You still believe in me’ bermakna sangat dalam dan menyedihkan. Gw yakin hanya orang yang kurang pergaulan yang belum pernah mendengarkan the beach boys, tapi kalo kalian memang belum tahu, nuansa sunshine pop dari album ini cocok menemani liburan akhir/awal tahun kalian. Track favorit gw: ‘Sloop john B’, ‘I know there’s an answer’, dan semua! :)                                                                                                                                                                                   
  2.  SKA-BOO-DA-BA, the skatalites (1965). Gw yakin yang ada di benak kalian setelah mendengar tahun ‘1965’ adalah dibunuhnya 7 pahlawan revolusi. Sedangkan di kota Kingston, Jamaica, tahun 1965 the skatalites merilis salah satu album ska/dub terbaik sepanjang masa, ‘ska-boo-da-ba’. Jujur gw ga tw arti dari judul album ini, tapi album ini menemani saat-saat gw mengisolasi diri mengerjakan presentasi sebelum ke kantor di Houston tahun baru yang lalu. Dengan balutan ska yang masih murni dan jernih, bahkan anak kecil berumur 4 tahunpun gw rasa tidak akan menahan mengangguk-angguk kepalanya ketika mendengar LP ini. Ketika gw membuka diskografi mereka, ternyata mereka masih mengeluarkan album lagi sampai sekitar tahun 2007; bukti dari keabadian musik kebanggaan Jamaika. Debut LP the skatalites ini berisi 12 track tanpa vokal. Favorit gw: ‘Ghost town (you can’t sit down)’, ‘Ska-ra-van (take 3)’.                                                                                                                                                                 
  3. HOW TO LIVE WITH A PHANTOM, shintaro sakamoto (2011). Bulan November 2011 kemaren, frontman dari band legendaris jepang Yura Yura Teikoku merilis debut album solonya yang berjudul ‘how to live with a phantom’. Sampai detik ini gw belum bosan-bosannya mendengarkan album yang sangat santai dan elegan ini walau jujur tidak mengerti apa yang dia syairkan sama sekali. Berbeda dari musik Yura Yura Teikoku yang dikelilingi distorsi dan beat yang lumayan menghentak, album solo Shintaro ini dihiasi alunan acid jazz, funk, dan indie pop khas negara sakura. Karena gw belum berani berkomentar secara lirikal, secara musikal gw sangatlah merasa nyaman mendengarkan 10 track dari album ini berulang-ulang. Shintaro juga menggambar dan membuat video klip di album ini. Favorit gw: ‘君はそう決めた (You Just Decided)' dan '仮面をはずさないで (Mask On Mask)’. Bagi kalian yang menikmati musik jepang sebatas Laruku atau apalah namanya, lebih baik tinggalkan blog ini segera :)                                                                                                                                                                                      
  4. BLACK FLUTE, keepaway (2012). Keepaway mengawali tahun 2012 ini dengan full album pertamanya, black flute. Beberapa track dari album ini pernah dirilis di EP mereka yang berjudul ‘kompetitor’. Setahu gw, mereka baru akan mengadakan launching di Grassland, Brooklyn minggu depan. Album ini merupakan album pilihan minggu ini gw dan cw gw. Album minggu ini kedua di 2012 setelah minggu lalu ditemani oleh musik praise & worship kontemporer FEE. Pertama kali gw memutar album ini gw langsung teringat Animal Collective dan keluarga karena track ‘Cake’ memang terdengar sangat mirip. Gw ga tw mengkategorikan musik Keepaway dalam genre apa selain elektronik dan sedikit chillwave. Bukan album yang standar untuk mengawali 2012 kalian yang penuh harapan, senyuman, suka duka, candaan, utang piutang, rencana, mimpi, dan kesibukan. Favorit gw: ‘Hologram' dan 'Cake’.

Lagi, selamat tahun baru 2012! Semoga tahun kalian menyenangkan! :)

Posted on January 12, 2012 with 1 note

Tagged with REKOMENDASI ALBUM  keepaway black flute  shintaro sakamoto  the skatalites  the beach boys pet sounds  
  1. rekodendasi posted this